Sabtu, 10 Agustus 2019

Menjadi Penulis by Poppi Pertiwi

HELLO WORLD!
 Its Poppi Pertiwi


Yap, kali ini saya bakalan bahas: tips-tips menulis atau menjadi penulis yang baik. Yang pasti dari beberapa orang memang ada yang bercita-cita jadi penulis kan? Atau ingin karyanya bisa dipajang di toko-toko buku baik online maupun offline (Di seluruh Gramedia Indonesia). Nah kali ini saya bakalan kupas habis bagaimana sih cara menulis yang baik versi Poppi Pertiwi.

Sebelum itu. Menjadi penulis. Mudahkah? Atau malah ribet?
Sebenarnya menjadi penulis itu harus balance. Gak ada yang mudah dan gak ada yang ribet kalau kita mau usaha. Harus banyak membaca buku. Apa pun itu yang penting membaca. Asal bacaannya positif yaa. Carilah buku, novel, karangan, buku lama, puisi, pantun, koran atau apa pun yang kamu suka untuk kamu baca. Lalu pelan-pelan dari sana kamu bisa membayangkan tulisan apa yang bisa kamu buat. Dan tulisan apa yang kamu inginkan ada di dalam buku atau karangan yang ingin kamu bentuk nanti.

Tips-tips menjadi menulis yang baik:

1. Memperbanyak baca buku. Buku apa pun itu. Selama bacaannya masih dalam tahap yang wajar. Berkarya itu tidak pernah memandang umur dan juga gelar. Mau muda atau tua. Selalu ada jalan kalau kamu ingin.

2. Mencintai tulisan yang ingin kamu buat. Kamu harus suka atau jatuh cinta dulu dengan tulisanmu. Jangan pernah malu dengan apa yang kamu tulis. Sebab untuk menghasilkan sebuah karya / novel. Diperlukan nyawa dalam tulisanmu. Gunakan hati kamu ketika kamu ingin menyusun kata demi kata yang ada di buku atau novelmu nanti.

3. PD atau PERCAYA DIRI. Kenapa di bold? Karena ketika kamu menulis cerita atau novelmu. Kamu harus bersikap percaya diri. Terima masukan dengan tenang. Terima pujian dengan sikap yang sama. Mungkin saat ini ketika tulisanmu dikritikan sana sini pasti akan membuatmu down dan sangat sakit hati. Dan pasti kamu akan sangat minder dengan itu.

Tapi percayalah, kritik itu sangat penting untuk proses menulismu di hari ini. Jadikan kritikan mereka sebagai motivasi. Bahwa kamu harus bisa menjadi yang lebih baik dari ini. Tunjukan bahwa kamu bisa. Kamu masih tetap berdiri tegak meski orang-orang terlihat selalu menilai atau memandang remeh tulisanmu. Buktikan pada mereka bahwa tulisanmu nanti akan semakin baik seiring berjalannya waktu.

4. Bentuk tokoh-tokoh yang kuat. Tulis, ingat atau ketik hal-hal kecil apa saja yang ada di dalam tokohmu. Entah itu hobinya, makanan kesukaannya, warna rambutnya, bahkan orang-orang terdekatnya. Buat tokoh utama yang benar-benar ingin kamu ceritakan. Deskripsikan tokoh utamamu. Dan ketiklah bagaimana sifatnya. Buat jari-jarimu bekerja untuk mengetik bagaimana tokoh utamamu.

5. Waktu. Gunakan waktu yang pas untuk menulis. Seimbangkan waktu menulis, belajar, kerja atau refreshing.

6. Dialog. Hidupkan dialog tokoh-tokoh dalam ceritamu. Beri sedikit cinta dalam tokoh yang kamu buat agar mereka bisa diterima oleh pembacamu.

7. Membuat orang-orang terbawa perasaan dengan tulisanmu. Mix humor dan rasa sedihnya. Untuk penulis pemula aku sarankan menulis dengan genre yang tidak begitu rumit atau bisa diterima masyarakatl; humor.

8. Yang terakhir. Menulislah karena kamu suka. Perhatikan pembacamu. Menulismu bukan hanya untuk dirimu saja. Tulisanmu ada untuk kamu sendiri dan untuk orang-orang yang membaca tulisanmu.

Okeee, jadi segitu dulu. Ini adalah basic menulis versi Poppi Pertiwi. Sampai ketemu di kesempatan berikutnya! Kalau ada saran boleh komen-komen di sini atau cek Instagram Poppi Pertiwi. Salam sayang, Pikachu. Poppi Pertiwi <3







1 komentar:

  1. Kak, kasih saran gimana caranya biar menulis konsisten hehe. Makasih kak

    BalasHapus