Kamis, 10 Oktober 2019

Cara Menjadi Penulis Part II by Poppi Pertiwi

HELLO WORLD!

Cara Menjadi Penulis Part II
Written by: Poppi Pertiwi


     
     Hallo kembali lagi di blog Poppi Pertiwi. Kali ini aku akan membahas lebih detail cara menjadi penulis part ke-2.

     Beberapa orang terkadang tidak suka membaca. Beberapa orang pula sangat suka. Dan sebagian orang hanya biasa saja. Dari blog ini aku ingin mengajak banyak orang untuk sadar dengan turunnya minat baca dari berbagai kalangan. Aku juga ingin mengajak generasi ke depan untuk lebih banyak berdiskusi di lingkungan sosialnya seperti berinteraksi dengan sesama juga membaca serta menulis.

     Dari kalian aku menemui pertanyaan yang sangat sering aku dengar dan dapatkan. Pertanyaan umum dari orang-orang (khususnya untuk teman-teman yang ingin menulis Novel). Seperti ini:

     "Bagaimana caranya agar bisa menjadi penulis yang konsisten dan percaya diri?"

     Menjadi penulis. Tidaklah mudah. Tidaklah rumit. Tiap-tiap pekerjaan membutuhkan apa yang disebut "Konsisten" dalam menggarap atau menciptakan sesuatu hal yang baru.

     Bagaimana cara agar konsisten menulis Novel/Cerita/Karangan kita sendiri?

     Pertama. Yang paling mendasar. Tentukan jenis, genre atau bahasan apa yang ingin kamu tulis dalam Novel/Cerita/Karangan yang ingin kamu buat. Tentukan Tema, Judul, Alur Waktu, Alur Tempat, Alur Suasana. Ciptakan kata-kata yang bisa membuat orang yang membacanya seolah ikut masuk dan merasakan apa yang sedang tokohmu alami.

    Kedua. Jangan terburu-buru. Biarkan semuanya berjalan dengan normal. Biarkan semuanya berjalan dengan biasa. Jadikan apa kata orang yang menilai tulisanmu itu untuk menjadikan dirimu menjadi yang lebih-lebih baik ke depannya. Mungkin tidak mudah. Kamu pasti akan merasa down, overthinking, menyalahkan dirimu dan merasa rasa percaya dirimu menghilang seketika saat orang-orang menilai tulisan pertamamu. Tapi percayalah, di tulisan kedua, ketiga dan seterusnya. Tulisanmu akan menjadi lebih baik. Jika kamu mau mengevaluasi diri dan belajar dari kesalahan.

     Ketiga. Untuk menciptakan suasana yang konsisten. Kamu perlu membuat agenda atau hal apa saja yang ingin kamu rangkai untuk Novel/Cerita/Karangan milikmu nanti. Tidak perlu di buku atau note. Cukup ingat dalam kepalamu saja. Bayangkan itu terjadi. Atau bisa juga kamu ketik di word laptop atau ponselmu. Lalu konsistenlah dengan apa yang ingin kamu tulis. Selesaikan satu per satu yaa.

     Keempat. Jangan terlalu dipikirkan. Menulislah ketika kamu merasa ingin. Karena menulis membutuhkan mood yang baik dan keadaan yang tenang. Tapi ada juga orang yang menulis dalam keadaan sedih atau suasana yang ramai. Semua tergantung kenyamaan. Jangan terlalu dikejar. Tapi diusahakan.

     Kelima. Percaya diri. PD sangatlah penting. Ini peran yang sangat besar dalam tulisan atau Novel yang akan kamu buat nanti.

"Ketika kamu merasa minder. Cobalah untuk berbagi dengan orang-orang yang kekurangan."
"Percaya akan kemampuanmu sendiri. Kamu juga bisa."

     Segitu aja dulu untuk blog kali ini. Senang bisa membagi tips ke kalian semua. Untuk yang baca ini jangan lupa untuk ikuti aku terus dan tunggu update-update selanjutnya. Share juga halaman ini ke teman-teman kalian ya. Ingat, percaya diri memiliki peran yang sangat besar untuk tulisanmu.

Salam, Poppi Pertiwi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar